Rabu, 01 April 2015

Peralatan Perang Saya Dalam Mendekor Cake

 

Ketawa juga baca judulnya yang sedikit berlebihan mungkin heheh.. Sebagai pemamula mungkin belum selengkap yang lain  peralatan yang saya gunakan dalam mendekor cake. Tapi dari sekian banyak alat yang saya gunakan ada beberapa alat yang wajib kita miliki dalam hal dekorasi cake karena alat ini akan sangat membantu dalam proses pengerjaannya terutama bagi pemula seperti saya.
Apa aja sih alat-alat pendukung tersebut:
1.Pisau Palet:












fungsinya untuk memoles dan meratakan buttercream di permukaan dan dipinggir kue . 


2.Meja Putar 

















Meja Putar atau biasa disebut Lazy Susan.Fungsinya sebagai meja tempat meletakkan kue yang akan didekor, sehingga bisa diputar-putar dengan mudah ketika kita menghiasnya. Tersedia di TBK (Toko Bahan Kue) dalam berbagai variasi bahan dan harga. Biasanya makin berat makin mahal harganya, karena dudukannya makin stabil dan mantap untuk mendekor.

3.Spuit















Berfungsi untuk membuat hiasan seperti hiasan pinggir/border cake sehingga tampilan dari cake jadi lebih menarik. Ada begitu banyak jenis spuit tapi kalau sebagai pemula rasanya cukup dengan beberapa spuit saja nanti jumlah spuitnya bisa ditambah sesuia dengan fungsi yang di harapkan. Adapun spuit yang harus kita miliki menurut saya sebagai berikut:


 Kedua spuit diatas berfungsi untuk membantu kita dalam proses membuat bunga mawar dari butter krim, dimana paku mawar digunakan sebagai tatakan atau landasan waktu proses pengerjaannya , sedang kan spuit mawar digunakan untuk membuat kelopak bunga ..

Spuit daun ini berfungsi untuk membuat daun terutama kalu kita membuat bunga dari butter cream

Spuit bintang ini digunakan untuk membuat motif dipinggiran cake serta bentuk bunga bunga kecil dan hiasan diatas cake.
4.Plastik Segitiga

















Plastik segi tiga atau piping bag, adalah plastik berbentuk contong yang kita gunakan untuk menyemprotkan buttercream ke atas kue.Plastik segi tiga mudah diperoleh di TBK atau pasar tradisional dengan harga murah.

5.Scraper

















berfungsi untuk melicinkan tekstur permukaan buttercream, berfungsi juga untuk memotong adonan roti, adonan rolled fondant, adonan kue kering, mengerok sisa adonan yang menempel di meja marmer, dll.

Resep Butter Cream 

Tutorial Membuat Bunga Mawar Dengan Butter Cream

 


Ok semoga artikel ini bisa menambah wawasan  kita dan mohon maaf bukan berarti saya sok pintar cuma ingin berbagi  ilmu sebatas yang saya ketahui..Semoga bermanfaat
Sumber :
https://duniahalalcakes.wordpress.com/2014/10/29/kue-dua/
http://media.dinomarket.com
 

5 komentar:

  1. Makasih artikelnya sangat bermanfaat utk pemula seperti saya

    BalasHapus
  2. Makasih artikelnya sangat* membantu saya,dan bagi resepnya gimana cara membuat daun dari batter cream?

    BalasHapus
  3. terima kasih atas inspirasinya! Betul sekali, makanan lezat serta sehat memang sangat penting, akan tetapi memasak dengan alat masak yang tepat juga sama pentingnya.

    BalasHapus
  4. Nuhun...artikelnya bagus.. Dan bermanfaat untuk pemula spt saya....

    BalasHapus
  5. Makasi bunda, semoga ilmunya bermanfaat

    BalasHapus